Menyingkap Dalang Pembuat Pil PCC

0
29
Sorotdunia.com

Sorotdunia.com – Pasca penggerebekan sebuah rumah tempat pembuatan pil PCCdi Jalan Setia Budi Nomor 66 Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Komjen Pol Budi Waseso menggelar jumpa pers di lokasi penggrebegan pabrik Pil PCC.

Dalam keterangannya Budi Waseso menyebutkan, tim BNN butuh waktu setidaknya lima sampai enam bulan untuk mencari lokasi pembuatan pil PCC di Solo.

“Untuk membongkar jaringan peredaran pil PCC butuh waktu. Hingga akhirnya dua pabrik di Semarang dan Solo berhasil digrebeg,” jelas Budi Waseso dalam keterangan persnya, Senin (4/12/2017).

Dalang utama dari pembuatan pil PCC ini bernama Joni dan Anggoro. Keduanya sudah ditangkap oleh petugas BNN. Perannya Joni maupun Anggoro hingga kini masih didalami lebih lanjut. Namun, hasil penyidikan sementara diketahui Joni merupakan sang pemodal atau penyandang dana.

“Dalam kasus ini Joni bertindak sebagai penyandang dana,” lanjut Budi Waseso.

Dalam sebulan, komplotan pelaku ini berhasil memperoleh keuntungan bersih hingga Rp2,7 Miliar. Didasarkan atas temuan beberapa buku tabungan dan juga kartu ATM.

“Sementara terkait adanya dugaan Tindak Pidana Pancucian Uang (TPPU) juga akan kami dalami,” lanjut Budi Waseso.

Anggoro salah satu pelaku berniat kabur dari Tasikmalaya menuju ke luar negeri saat mengetahui pabriknya di dua lokasi digrebeg petugas BNN, namun sebelum kabur petugas sudah menangkapnya.

Saat petugas melakukan pengecekan di paspor milik Anggoro diketahui pelaku sering pergi ke luar negeri ( di antaranya China dan India). Sehingga dimungkinkan dari dua negara itulah kemungkinan bahan baku di pasok.

“Kemungkinan bahan baku Pil PCC didatangkan ke Indonesia berasal dari dua negara itu. Diharapkan instansi yang berwenang dalam pengawasan obat dan makanan juga ikut mengawasan peredaran bahan baku pembuatan Pil PCC,” urai Budi Waseso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here